7 Golongan Yang mendapat Naungan Di Yaumil Akhir (Versi KH. Zainuddin MZ)

Posted: Oktober 25, 2011 in Uncategorized

Berdasarkan Firman Allah Qur’an Surah Abbasa ayat 34-42 yang berbunyi :

34.  Pada hari ketika manusia lari dari saudaranya,

35.  Dari ibu dan bapaknya,

36.  Dari istri dan anak-anaknya.

37.  Setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkannya.

38.  Banyak muka pada hari itu berseri-seri,

39.  Tertawa dan bergembira ria,

40.  Dan banyak (pula) muka pada hari itu tertutup debu,

41.  Dan ditutup lagi oleh kegelapan[1559].

42.  Mereka Itulah orang-orang kafir lagi durhaka.

[1559]  maksudnya mereka ditimpa kehinaan dan kesusahan.

Berdasarkan firman Allah diatas bahwa nanti dimana saudara tidak ingat dengan saudaranya yang lain, ibu tidak lagi ingat dengan anak dan suaminya dan sebaliknya suami tidak akan ingat dengan anak dan sitrinya, apalagi dengan sahabat dan teman-temannya dimasa hidup di dunia, karena mereka disibukkan dengan urusan mereka masing-masing. karena sangat sedikit sekali manusia yang akan masuk kedalam surga Allah SWT. Dan dimana pada hari itu pula sangat sedikit sekali manusia yang wajahnya berseri-seri dan bergembira, siapakah orangnya itu? Menurut Hadis Rasulullah SAW yang berbunyi :

“Saba’atun Yuziluhumulaha Yauma Laa Zillah Illah Zilluh”

  1.  Imamun ‘Adil,
  2.  Syafnasya Afi Ibadatillah
  3. Rozulun Qolbuhu Mu’alakun Bil Masjid,
  4. Rozulani Tahabba Filaiz Tama ‘alaih Watafarroqo “alaih,
  5. Rozulun Da’athum Roatun jatun Man sibin wa jamalin  Illa Nafsiha Faqola ” Inni Akhofullaha Rabbal’Alamin”
  6. Rozulun Zakarallaha kholiyun Fafadhot ‘Ainahu
  7. Rozulun Tasodakoh bi Sodakotin Faat faha Hatta Laa Ta’lama Simaluhu Man Tufiku Yaa Minnuhu.

Artinya : Ada 7 golongan manusia yang akan diberikan Naungan Allah di Yaumil Akhir yaitu :

  1. Immam yang Adil
  2. Pemuda yang beriman/ taat kepada Allah SWT
  3. Seseorang yang hatinya terpaut dengan Masjid
  4. Seorang Sahabat berteman dan bersabat karena Allah
  5. Seseorang yang digoda oleh wanita cantik atau wanita yang digoda lelaki yang tampan tapi dia mampu mengatakan ‘ Sesungguhnya Allah bersamaku”
  6. Seseorang yang terbangun ditengah malam lalu ingat kepada Allah dengan Melaksanakan sholat Tahajud
  7. Seseorang yang bersedekah, tangan kanan yang memberi tapi tangan kanan tidak mengetahuinya.

1. Pemimpin Yang Adil

Mengapa Pemimpin yang adil yang akan mendapat naungan Allah di akhir kelak, dan siapakah pemimpin itu? Pemimpin itu adalah setiap kita, karena apapun yang kita lakukan hidup di dunia akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT, sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS.Yasin ayat 65 yang berbunyi :

Pada hari Ini kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

Seorang pemimin yang baik itu adalah yang taat kepada Allah dan Rasulnya, dan bukan diri serta keluarganya yang dia pikirkan akan tetapi orang lainpun dipikirkan. inilah mengapa kedudukan pemimpin yang adil, yang baik akan mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah. Sebaliknya pemimpin yang jalim dengan rakyatnya dan hanya mementingkan keluarga dan golongannya sendiri, inilah yang akan mendapatkan ahzab disisi Allah.

2.  Pemuda Yang Taat kepada Allah

Posisi pemuda yang taat dan sholeh kepada Allah juga akan menempati kenyamanan dan naungan di sisi Allah SWT, dikarenakan sangat sedikit sekali pemuda yang mampu benar-benar taat kepada Allah, dapat kita lihat bukti yang sangat otentik saat ini yaitu masjid bayak didirikan akan tetapi yang mengisi masjid merupakan usia 50 s/d 70 tahun, dan sangat susah kita jumpai dan ditemui masjid yang ramai dengan pemuda, ketika shalat syaf dipenuhi pemuda, disaat pengajian di hadiri oleh pemuda, malah sebaliknya yang memenuhi dan menghadiri pengajian di masjid-masjid kebanyakan orang-orang yang usianya lanjut. Tapi kalau tempat-tempat hiburan, konser band, kafe, diskotik dan tempat-tempat swalayan itu dipenuhi dan dijubeli pemuda, dan bahkan nyaris nyawa mereka dijadikan taruhan ketika konser band papan atas. Belum lagi dari free sex, Narkoba dan kehidupan malam, yang selalu merongrong pemuda/ pemudi hari ini. inilah mengapa pemuda yang taat dan sholeh akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan di yaumil Akhir kelak, dimana bayak sekali tantangan dan hambatan yang dihadapinya mampu di singkirkan, dan ini sangat sedikit sekali pemuda yang taat pada Allah.

3. Seseorang yang hatinya terpaut dengan Masjid

Masjid merupakan tempat peradaban umat islam, dimana masjid merupakan tempat dimana umat islam beribadah, terutama sholat, yang mana syarat rukun shalat itu harus bersih dari hadas besar dan kecil, serta tempat untuk ibadah itu harus bersih dan suci. Dan inilah yang sebenarnya menjadi persoaalan yang sangat penting yang harus diperhatikan umat islam. Masjid bayak dibangun dan didirikan dimana-mana, bahkan disetiap lorong desa sudah memiliki masjid masing-masing, tetapi pengelolaannya belum pernah serius ditangani, masih hanya fokus memperbayaknya saja, tetapi management pengelolaannya ini sangat minim. Dimana keberadaan masjid itu seharusnya mampu memberikan solusi keumatan, baik itu umat gemar bersedekah, rajin sholat, aktif dalam pengajian, menangani persoalan ekonomi umat, dan pengelolaan kemakmuran masjid itu sendiri. Dan ini sangat sedikit masjid menerapkan dan mengelola masjid dengan baik, hanya sebatas mendirikan dan hanya tempat sholat saja, inlah yang salah kaprah. Kalau kita bercermin pada Muhammad dan  para sahabat, mereka mampu memerankan masjid sebagai tempat ibadah, sebagai pengatur strtegi ekonomi umat dan mengatur persoalan negara kalau populernya hari ini adalah persoalan politik. Maka wajar saja sangat sedikit sekalli orang yang akan medapatkan naungan Allah SWT diyaumil akhir nanti, terutama bagi orang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid.

4.  Seorang Sahabat berteman dan bersabat karena Allah

Persahabatan merupakan hal yang paling indah, akan tetapi persahabatan yang didasrkan karena Allah ini sangat sedikit ditemui. Orang ingin bersahabat dengan orang lain biasanya yang dilihat adalah :

1. Hartanya

2. Kedudukannya atau Jabatannya

3. Adanya kepentingan

4. Suku , golongan dan kedaerahan

Kalau bahasa trend sekarang kalau ada uang abang sayang, kalau tak ada uang abang aku tendang, inilah merupakan salah satu contoh kehidupan harta merupakan faktor persahabatan itu. Kemudian ada lagi pernyataan kalau mencari teman tertawa banyak, tapi kalau mencari teman yang menangis sangat sedikit, artinya ketika kita bayak uang orang akan berduyun-duyun berteman dengan kita bahkan orang yang tidak kita kenalpun mengaku-aku saudara dengan kita, apalagi ditambah lagi kita serupakan pejabat atau orang yang memiliki kedudukan. Tapi sebaliknya ketika kita susah dan ekonomi pas-pasan dan kedudukanpun tidak ada, temanpun sangat sedikit, apalagi saudara yang peduli, bahkan saudara bayak menjauh dari kehidupan kita, karena saudara susah dianggap sebagai wabah atau bencana saja yang selalu menyusahkannya, inilah fenomena saat ini yang selalu terjadi dikehidupan nyata kita, dan sangat sedikit sekali seorang sahabat atau saudara, baik itu diwaktu senang maupun susah sekalipun tetap peduli dan mau membantu. Dan inilah orang yang akan mendapatkan naungan disisi Allah SWT di yaumil akhir kelak.

5. Seseorang yang digoda oleh wanita cantik atau wanita yang digoda lelaki yang tampan tapi dia mampu mengatakan ‘ Sesungguhnya Allah bersamaku”

Sosok seorang Nabi Yusuf AS, yang memiliki wajah yang rupawan pernah mengalami peristiawa yang memilukan, yaitu dimana ia diajak utuk melakukan hubungan layaknya suami istri oleh ibu Angkatnya sendiri yang cantik, dan dia menolak keinginan syahwat sang ibu. dan beliau mampu mengatakan Inni akhofullaha Robbal ‘Alamin Artinya ; Sesungguhnya Allah besamaku.

Dan inilah yang harus dicontoh oleh Umat Muhammad hari ini. Tapi jauh dari kenyataan dan harapan itu, malah sebaliknya bukan menolaknya tapi malah mencari-cari wanita yang cantik dan wanita mencari-cari lelaki yang tampan. dan bahkan ada suami yang telah memiliki istri yang sah mau dia mencari pasangan dilaur pernikahan begitu sebaliknya seorang istri yang meliliki suami yang sah juga mencari pasangan diluar pernikahannya inilah yang disebut dengan perselingkuhan.

Maka didalam perjalanan Isra’ Mi’raj Muhammad keSidorotul Muntaha ketika Muhammad di ajak jalan-jalan mengitari Neraka bersama Jibril dia melihat ada seseorang yang dihadapkan dua daging yang kondisinya baik dan busuk, namun sesorang itu malah memakan daging yang busuk, lantas Muhammad bertanya “Wahai jibril mengapa orang itu malah memakan daging yang busuk kenapa tidak daging yang masih bagus? Kemudian Jibril menjawab Itulah umatmu kelak dimana sudah memiliki pasangan yang halal seuai dengan syariat malah dia mencari lagi pasangan diluar syariatmu”.

Kalau pribahasa populernya bunga tetangga lebih wangi dan indah ketimbang bunga dirumah sendiri walaupun sama bentuknya. Dan orang-orang yang mampu menjaganya ini yang akan diselamatkan Allah kelak.

6. Seseorang yang terbangun ditengah malam lalu ingat kepada Allah dengan Melaksanakan sholat Tahajud.

Seorang Muhammad itu sudah dijamin Allah akan masuk kesurga, namun walaupun demikian muhammad tidak henti-hentinya beribadah terutama sholat tahajud ditengah malah, dalam sebuah riwayat pernah kakinya sampai memerah dan bengkak karena lamanya dia shalat tahajud.

Kalau lah dalam kehidupan saat ini sangat sedikit sekali manusia terutama umat Islam yang mencontoh Muhammad dalam rutinitasnya menjalankan ibadah tahajud. Malah terkadang shalat tahajud yang dikerjakan umat islam mengandung kemusrikan dan unsur kepentingan dengan Allah, Salah satu contoh kemusrikan yaitu seseorang sholat tahajud karena dia ingin mencelakankan orang, syarat untuk memperdalam ilmu kebatinananya. Dan contoh tahajud untuk kepentingan yaitu sesorang ingin memlikiki hajatan esuatu baru dia bangun tengah malam untuk shalat tahajud, tapi begitu hajatannya terkabul tidak pernah menjalankan tahajud lagi.  Dan inilah bayak menyalah artikan tahajud itu, bukan berdasarkan kepatuhan dia kepada Allah, dan sangat sedikit orang yang menjalankannya ini. Nah mengapa posisi orang yang selalu tahajud ini mendapakan tempat yang istimewa oleh Allah, dikarenakan orang yang seperti ini mampu menyisihkan waktunya ditengah malam ingat kepada Allah, dimana bayak orang yang terlelap dalam tidur tapi dia ingat dengan Allah SWT.

7. Seseorang yang bersedekah, tangan kanan yang memberi tapi tangan kanan tidak mengetahuinya.

Sedekah merupakan hal yang mudah diterapkandan dilaksanakan tapi sangat susah untuk mengikhlaskan apa yang sudah diberikan kepada orang lain. Sedekah juga dituntut baik itu diwaktu lapang maupun sempit untuk bersedekah sesuai dengan firman Allah SWT QS. Ali Imran ayat 134 :

Orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit.

Keikhlasan itu dibutuhkan kesabaran, karena dengan menumbuhkan kesabaran inilah orang terjebak, terkadang apa yang sudah kita bantu seseorang atau kita tolong seseorang, dengan tidak sengaja kita ungkit-ungit apa yang sudah kita bantu itu. untuk itu perlu ikhlas didampingi dengan kesabaran.

Bayak orang islam yang kaya raya, hartanya bayak bahkan sampai 7 keturunan tidak habis, tapi orang kaya ini juga enggan bersedekah, apalagi menolong orang yang susah. Dan cendrung menumpuk-numpuk harta saja dan tidak mempedulikan orang disekitarnya, bahkan samapi hampir tiap tahun berangkat Haji ketanah suci, Umroh. Inilah orang-orang yang akan celaka diyaumil akhir kelak, sesuai dengan Firman Allah QS. At-taubah ayat 35

Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, Lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, Maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”

Inilah yang dapat saya sampikan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, dan mudah-mudahan kita termasuk salah satu 7 golongan diatas yang telah dijanjikan Allah kepada kita. Amin ya…rabbal ‘Alamin

Karya ini Khusus saya persembahkan kepada :

1. Almarhum KH.Zainuddin, MZ, yang menjadikan inspirasi saya untuk menulis karya ini, karena saya adopsi dari ceramah beliau di CD dan Kaset, mudah-mudah dapat mejadi Amal kebaikan beliau dan semoga Amal Ibadahnya selama hidup di dunia diterima Allah SWT dan di Ampuni Allah segala Dosa-dosanya. Selamat jalan Kiyaiku akan ku jadikan dakwahmu perisaiku, dan Insya Allah engkaulah contoh panutan diatas mimbar dakwahku.

2. Kedua Orang Tua ( Ahmad Soejoko 31 Desember 1939 dan Lasiani 1950)

3. Kedua Mertua (Ali Umar Tanjung dan Karuik Sikumbang)

4. Istri tercinta sepanjang Masa (Kartini Sikumbang, S.Sos.I 23 April 1986)(Wanita dunia Akhirat).

5. Kedua Buah Hatiku (Khairiah Ananda Fitri 19 Oktober 2008 dan Khairuna Alfi Syahrina 01 September 2009)( Ilmuan dan Guru Besar Masa Depan/ kader Umat dan Bangsa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s